Pengertian MEMORY

by on Sabtu, 21 Juli 2012


Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).Sebagian besar komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level, yaitu:
· physical Register di CPU, berada di level teratas. Informasi yang berada di register dapat diakses dalam satu clock cycle CPU.
· Primary Memory (executable memory), berada di level tengah. Contohnya, RAM. Primary Memory diukur dengan satu byte dalam satu waktu, secara relatif dapat diakses dengan cepat, dan bersifat volatile (informasi bisa hilang ketika komputer dimatikan). CPU mengakses memori ini dengan instruksi single load dan store dalam beberapa clock cycle.
· Secondary Memory, berada di level bawah. Contohnya, disk atau tape. Secondary Memory diukur sebagai kumpulan dari bytes (block of bytes), waktu aksesnya lambat, dan bersifat non-volatile (informasi tetap tersimpan ketika komputer dimatikan). Memori ini diterapkan di storage device, jadi akses meliputi aksi oleh driver dan device.
Manajemen adalah pengaturan agar sesuatu dapat bekerja secara maksimal dan efisien. Memori adalah pusat kegiatan pada sebuah komputer, karena setiap proses yang akan dijalankan harus melalui memori terlebih dahulu. Dalam bentuk sederhana, melibatkan menyediakan cara untuk mengalokasikan memori untuk bagian-bagian dari program atas permintaan mereka, dan membebaskan untuk digunakan kembali ketika tidak lagi diperlukan. Pengelolaan memori utama sangat penting untuk sistem komputer.
Memori adalah array besar dari word atau byte, yang disebut alamat. CPU mengambil instruksi dari memori berdasarkan nilai dari program counter. Instruksi ini menyebabkan penambahan muatan dari dan ke alamat memori tertentu.

There is 1 comment in this article:

  1. Harrah's Reno and Harrah's Reno offer new customer
    The property has two hotel towers; one 남원 출장안마 tower 세종특별자치 출장마사지 connected to the convention center and 군산 출장샵 one built on the 하남 출장안마 North Shore. The 고양 출장안마 property also features a

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About me

Foto saya
Surabaya, Jawa timur, Indonesia
saya berharap apa yang sudah saya buat dapat bermanfaat

Thanks for your visit

I hope this blog will be useful

Thank you